KOTA BOGOR – Pelayanan penerbitan SIM pada Satlantas Polresta Bogor Kota Polda Jabar resmi menggunakan gedung SATPAS baru, mulai Senin 22 Januari 2024.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso pada kesempatan pengajian dan santunan anak yatim dalam kegiatan syukuran penggunaan gedung SATPAS yang baru, menyampaikan bahwa ini adalah wujud peningkatan pelayanan bagi masyarakat dalam pengurusan Surat Izin mengemudi.

Kasat Lantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria menambahkan, bangunan baru ini merupakan salah satu dari bangunan SATPAS Prototype yang akan menjadi standar pelayanan SIM yang mengintegrasikan praktek dan teori, ruang tunggu yang nyaman, ruang penerimaan pengunjung, dan teknologi terbaru dalam satu kawasan yang terpadu.

“Alhamdulillah saat ini Polresta Bogor Kota memiliki SATPAS Prototype, untuk kemudahan masyarakat dalam pengurusan Surat Izin mengemudi yang berbasis IT dan terintegrasi,” papar Kompol Galih, Jumat (26/1/2024).

“SATPAS Prototype ini jumlahnya hanya beberapa di Indonesia Alhamdulillah, Polresta Bogor Kota menjadi salah satunya, dari segi bangunan dan sistem kinerja yang berbasis tekhnologi sudah ada standar minimumnya yang ditentukan oleh Mabes Polri,” ucapnya.

“Salah satu teknologi yang meminimalisir penyimpangan seperti FIFO (first in first out) yang membatasi orang bebas keluar masuk area Satpas, adalagi sistem Face recognition bagi pemohon SIM yang mendeteksi wajah, dan berbagai fitur canggih lain yang diharapkan akan memberikan kemudahan bagi masyarakat,” pungkas Kompol Galih.