KOTA BOGOR –Dalam Operasi Zebra Lodaya 2023 hari ketiga Satlantas Polresta Bogor Kota Polda Jabar menggunakan alat untuk mengecek masyarakat yang mengkomsumsi alkohol atau minuman keras (miras) dengan Breath Alcohol Tester di terminal Baranangsiang Rabu, 6 September 2023.

Sesuai arahan Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso, alat ini digunakan untuk mendeteksi pengemudi yang berkendara dalam kondisi mabuk atau mengkonsumsi miras dengan kadar yang melebihi batas toleransi.

“Kita cek secara acak kepada Sopir angkutan umum baik dalam kota maupun antar daerah,” ucap Kasatlantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria melalui Wakasat Lantas AKP Budi Suratman, Rabu (6/9/2023).

Selain pengemudi angkot, pihaknya juga akan menyasar kelompok anak muda yang menggunakan sepeda motor dengan cara ugal-ugalan.

“Bukan cuma pengemudi angkutan umum, kita juga menyasar pengemudi lain termasuk gerombolan anak muda yang bawa motor secara ugal-ugalan di malam hari,” Ucapnya.

Pihak Satlantas Polresta Bogor Kota menjelaskan, cara pakai Breath Alcohol Tester ini pengemudi diminta meniupkan alat tersebut melalui lubang yang tersedia, kemudian, dari tiupan itu muncul angka indikator kadar dari seberapa besar kandungan alkohol yang dikonsumsi oleh pengemudi.

“Kalau angka indikator di atas 20, pengemudi tersebut berarti dalam keadaan terlalu banyak mengkonsumsi Alkohol, sehingga tidak disarankan untuk melanjutkan kendaraannya,” pungkas AKP Budi Suratman.