BOGOR KOTA – Satuan Reserse Narkoba Polresta Bogor Kota Polda Jabar melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan tentang bahaya Narkoba di Kelurahan Cibuluh Bogor Utara Kota Bogor, Sabtu 19 Agustus 2023 dengan menggandeng kader satgas preemtif kampung bebas narkoba kel cikaret.

“Alhamdulillah, penyuluhan bahaya narkoba ini disambut baik dan antusias oleh masyarakat,” ucap Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso melalui Kasat Res Narkoba Kompol Eka Candra,” (19/8/2023).

Dalam penyuluhan tersebut, Ipda Miswanto menjelaskan tentang bahaya dan jenis-jenis dari narkoba.

“Narkoba ini banyak jenisnya, mulai dari sabu, obat-obatan, ganja, dan lain sebagainya, banyak alasan kenapa masih ada yang menggunakan narkoba ini, yaitu supaya saat mereka bekerja tidak merasa capek, padahal efek samping dari narkoba ini sangatlah buruk, salah satunya dapat merusak sistem syaraf, masalah kesehatan, hingga merubah perilaku seseorang,” jelas Kompol Eka Candra.

Pada kesempatan itu Kasat Res Narkoba Kompol Eka Candra menyampaikan bahwa Sat Res Narkoba Polresta Bogor Kota memiliki kampung bebas narkoba yg ada di Kelurahan Cikaret Bogor Selatan Kota Bogor.

“Saya jelaskan kepada peserta tentang histori awal mula nya kampung bebas narkoba di pilih hingga menjadi kampung bebas narkoba, serta kegiatan apa saja yang di lakukan di sana dan tujuan utama di bentuknya kampung bebas narkoba,” lanjut Kompol Eka Candra.

“Salah satu kegiatan program kampung bebas narkoba adalah pengkaderisasian terhadap mantan pengguna narkoba yang ada di kampung bebas narkoba untuk menjadi satgas pre emtif yaitu satgas tentang penyuluhan dan salah satu kader ini dapat memberikan materi dan pengalaman pribadinya tentang bahaya narkoba sampai dia bisa terbebas dari narkoba kepada kampung lainya,” ujar Kompol Eka Candra.

Dalam kesempatan itu juga narasumber memberikan nomor hotline kepada peserta dengan harapan bisa lebih mudah untuk memberikan informasi baik masalah peredaran narkoba maupun masalah gukamtibmas lainya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kompol Eka Candra, AKP Agus Kukyt. P,
Iptu Siska Debora, Ipda Miswanto, Lurah Cibuluh, Kader kampung bebas narkoba Cikaret, dan Anggota Sat Res Narkoba.