Jatimundercover.com – Capres No 2, Prabowo Subianto sepertinya sudah kecanduan untuk membuat hoax kepada publik. Mulai dari pernyataannya terkait Indonesia Bubar tahun 2030 berdasarkan kajian-kajian ilmiah, ternyata narasi itu diambil dari novel Ghost Fleet.

Hoax kedua mantan Komandan Kompassus ini terjait penganiayaan yang menimpa tim suksesnya, Ratna Sarumpaet. Kasus tersebut sempat menggemparkan publik dengan isu politik, namun akhirnya Ratna mengaku bahwa luka lebab di wajahnya bukan penganiayaan tapi bekas operasi pelastik.

Kini, Prabowo yang mencoba keberuntunganya kesekian kali untuk menjadi orang nomor satu di Indonesia kembali mengeluarkan pernyataan yang katanya berdasarkan data. Pernyataan tersebut terkait data jumlah profesor fisika di Indonesia.

Prabowo mengeluhkan kurangnya perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Prabowo memberi contoh kurang berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia adalah kurangnya profesor fisika.

“Kita hanya memiliki satu profesor fisika, hanya satu, coba bayangkan,” ungkapnya dalam acara Indonesia Economic Forum, di Hotel Shangri-La, Rabu (21/11) lalu.

“Di abad 21, abadnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Lalu bagaimana kita mau bersaing di bidang ilmu pengetahuan?” sambungnya.

Padahal, jumlah profesor Fisika di Indonesia cukup banyak. Mengutip laman resmi staff.ui.ac.id, ditemukan ada lebih dari satu profesor bidang fisika yang mengajar di FMIPA UI.

Sosok pertama adalah Prof. Dr. Drs. Terry Mart. Pria kelahiran Palembang, 3 Maret 1965 ini mengemban tanggung jawab sebagai kepala grup pengembangan teori nuklir dan partikel fisika.

Terry menyelesaikan pendidikan sarjananya di UI pada tahun 1988 dengan predikat cumlaude. Hingga tahun 2009, ia telah menerbitkan sedikitnya 100 artikel ilmiah yang dituangkan dalam sejumlah jurnal dan berbagai forum konferensi fisika tingkat dunia.

Sosok lainnya adalah Prof. Dr. A Harsono Soepardjo, M.Eng. Pria kelahiran Solo 7 Juli 1951 ini juga aktif mengajar di FMIPA UI. Salah satu hasil penelitiannya adalah sistem pengering ikan tenaga matahari dengan penerapan efek trapezoidal greenhouse di tahun 2005.

Termasuk Prof Harsono dan Terry Mart, seluruhnya ada 5 orang penyandang Profesor bidang Fisika di UI. Berikut daftarnya:

  • Dr. A. Harsono
  • Dr. Anto Sulaksono
  • Dr. Djarwani S.Soejoko
  • Dr. Rosari Saleh
  • Dr. Terry Mart

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here